Sarasehan bersama Alfamart dan The Jannah Institute, Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh teman-teman terbaik di dunia online maupun offline. Gimana kabarnya teman? Sehat semua? yuk, belajar bersama yang ingin menjadi enterpreneur. Masih terus semangat kan? 



Jawabannya, harus iya yaa, maksa. Jangan seperti  saya pribadi yang belum bisa produktif, hehehe. Karena penyakit ini, Alhamdulillah kemarin hari kamis, 9 agustus 2018 saya mendapat undangan dari founder  TJI ( The Jannah Institute)  yang didirikan oleh Kak Prita HW sebagai murid kelas blog  yang masih berproses. Penasaran banget dengan event ini, karena judul besarnya  “Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat” Khusus Perempuan. Sangat menarik kan judul temanya? Semakin membuat lebih penasaran ya? 

Sarasehan bersama Alfamart dan The Jannah Institute





  Undangan Informasi 

Saya mendapat undangan acara ini 2 minggu sebelum acara diselenggarakan. Acara ini limited seat hanya 30 orang yang diberi bangku belajar  bersama Alfamart dan TJI. Apa saja ya buah yang dapat dipetik dalam pohon acara rentetan kali ini? 

Pertama kali saya sampai ditempat, awal menapaki kaki ini tertera pada tulisan Cafe Faradisa suasana yang nyaman dan pas banget untuk perkumpulan berbasis workshop dan seminar. Keren panitianya bisa membawa kami para undangan dengan tempat ran cozy menurutku. 

CafeFaradisa (tampak dalam)



Ternyata bukan tempat yang nyaman saja, banyak hal yang saya dapatkan dari pelayanan, penyambutan acara dan kehadiran saudara baru dari penjuru kawasan Jember Terbina. Hehehe. Saya kenalkan dulu ya saudara baruku, diantaranya; dari teman-teman kelas blog batch 2 di TJI, komunitas UMKM Jember, Ibu-Ibu dari Sabilul Huda, dan dari sahabat mahasiswi lainnya.

Sahabat Kelas Blog The Jannah Institute



Oke, saatnya dimulai menyiapkan telinga untuk siap mendengar dan mata untuk memerhatikan ditambah dengan kotakan kue dari Alfamart Jember. Alhamdulillah, perut kosong ini tercukupi dengan beberapa snack supaya fokus belajar dalam pelatihan ini. Karena belajar pun perlu gizi. Hehehe makasih Alfamart atas jamuannya. 

Snack dan air mineral by. Alfamart


 Toko Virtual Alfamind by "Alfamart"

Pemateri pertama, Pernah Kenal Mas, bapak ini??? 

Pemateri pertama, Mas Yosia 

Yang belum tahu, izinkan saya memperkenalkan yaa, nama beliau Yosia Andika Pakiding, Branch Manajer Alfamart Jember. Apa ya ilmu yang dibagi oleh mas Yosi yang berkaitan dengan Alfa Mart? Beliau berbagi tentang pelatihan Toko Virtual by “Alfamart” pernah dengar, mengapa dinamakan dengan sebutan “virtual” maksudnya sama seperti toko online yang hadir dengan menggunakan perangkat lunak komputer atau smartphone dengan jaringan internet. 

Brosur Alfamind



“Alfa Mind” sebutan untuk toko virtual ini, yang memudahkan kita berjualan dan pasti untung.  Kok bisa? Iya bisa. Karena, Alfa Mind ini mempunyai visi yang sangat kuat kedepannya, “menjadi jaringan distribusi ritel terkemuka, yang dimiliki oleh masyarakat luas, berorientasi kepada pemberdayaan pengusaha kecil, pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen, serta mampu bersaing secara global”. Sangat menarik dan membuat tertarik tentunya.
 
Aplikasi Alfamind diawal 

Apa itu Alfa Mind? 


Yaitu jaringan toko ritel virtual 3D pertama di Indonesia berbasiskan aplikasi smartphone Android. Keren kan?? Pertama kali di Indonesia! di Alfa Mind ini serasa seperti bangun toko sendiri. Mengapa? Karena, jika teman-teman sudah terdaftar, keuntungan diantaranya; mendapat Retail Store (Bentuk tokonya jenis dan harga produknya), sebagai Ownership (Kepemilikan Toko), Online Store (Proses ordernya, proses adminitrasi, pesanan dikirim).  Sangat berpeluang kan kepada teman-teman yang ingin menjadi enterpreneur dan mendapatkan penghasilan tambahan dan sangat memberdayakan UMKM yang menjadi pemasok untuk produk-produk yang akan dijual, menurut tujuan didirikannya Alfamind. 



Proses tampilan aplikasi di smartphone
  


Proses Alfamind, Sangat Mudah!

Bagaimana Prosesnya?

1.       Daftar menjadi store owner melalui website atau aplikasi Alfamind 
2.       Lakukan top up deposit di toko Alfamart terdekat 
3.       Ajak customer untuk belanja di toko virtual Alfamind
4.       Barang dikirim ke alamat tujuan 
5.       Store Owner akan mendapatkan margin dan point rewards

Teman-teman mau? Boleh, yang terpenting memenuhi beberapa dukungan kriteria dibawah ini:

  •  Wanita atau pria, usia produktif 20-50 tahun 
  •  Aktif menggunakan smartphone 
  •  Aktif dalam komunitas atau mempunyai aktivitas rutin diluar rumah 
  •  Memiliki minat untuk menjual atau menginginkan penghasilan tambahan
Teman-teman termasuk kriteria diatas? Kalau iya, yuk langsung mendaftar dan semangat berjualan... yang ingin belajar menekuni profesi enterpreneur, mompreneur, socialpreneur, dll sangat cocok buat kalian. Masih ragu? Hadapi dan selamat mencoba. 

Jadi ingat, kata mutiara yang pernah diberikan oleh guru saya saat duduk dibangku sekolah. Kata guru saya, “Cobalah dan perhatikanlah maka kau akan tau”. Mau tau kelanjutannya? Selamat mencoba yaa!!! 

Menjadi Store Owner

 
Brosur menjadi Store Owner Alfamind

Oke, supaya bertambah yakin kenapa harus Alfamind ya? Promosi sambil belajar ya,,, sayang ilmu yang didapat jika belum dibagi. Hehehe. Jadi yang sangat meyakinkan, buat store owner:
  1.    Modal minim, hanya ratusan ribu rupiah
  2.   Jualan pasti untung, keuntungan pasti hingga 15% dari setiap produk yang dijual
  3.   Segudang barang dagangan, segudang barang siap untuk dijual
  4.   Bebas ribet operasional, mengoperasikan toko sangat praktis melalui smartphoe
  5.   Bisa kapan dan dimana saja, jualan tidak terbatas tempat dan waktu
  6.   Didukung jaringan kuat alfamart, alfamart sebagai pengelola salah satu jaringan toko ritel   `terbesar di Indonesia

Bagaimana dengan sang Supplier?

Syaratnya mudah (tanpa listing fee), tidak ribet operasional (tidak dipusingkan dengan pengiriman barang ke konsumen), ribuan store owner (store owner yang berjumlah ribuan bertindak sebagai tenaga penjual atau sales force, secara otomatis juga produk terdisplay secara luas.

Untuk teman-teman yang ingin bergabung, jangan lihat saja, kamu gak akan kuat dengan keuntungannya, buktikan saja! Alfamind? Jualan Gampang, Pasti Untung


Bisa langsung hubungi contact person dibawah ini:

Kak Tricia - 0813 9474 5502

Kak Januar - 0815 7475 4526

Seru kan??? Sampai disini sajakah acaranya? Tidak, masih lanjut lho! Apalagi, apalagi ya???  Suatu informasi yang menguntungkan dan bernilai hasil pasti menggiurkan kan... 

Handy Craft bersama Mayar Shopping

Oke lanjut ke pemateri kedua, siapakah mbak yang satu ini? Mbak Dewi Uji namanya, owner mayar shopping, beliau bercerita tentang inspirasi bisnisnya membuat kerajinan tangan daur ulang dari daun bambu, menarik kan? 

Mbak Dewi Uji, Owner Mayar Shopping

Contohnya seperti ini, bisa dalam bentuk pigura, undangan, dan souvenir lainnya. Cocok buat teman-teman yang mempersiapkan resepsi pernikahannya, sampai saat ini bingung mau pesan souvenir yang beda dan menarik, langsung kunjungi outlite @mayarshopping bisa secara online maupun offline.  



Hasil karya kami, Pigura daun bambu


Pedagang VS Pebisnis? 

Jualan Laris, Promosi Keras! Pedagang VS Pebisnis, mana yang kalian pilih?Mau tau bedanya?

Kalau Pedagang, yang penting jualan yang penting laris, dan jual apapun itu. Saya sering menyebutnya Dorangpreneur , Usaha Dodolan Sembarang (bahasa jawa: jualan macam-macam). Boleh buat kalian yang ingin belajar jualan. 
Kalau Pebisnis itu sekaligus pedagang, yang mempunyai konsep sebagai content creator, brand awareness adalah kunci, membangun engagement dan me-manage audience. Sekilas penjelas dari Kak Prita HW sebagai Pemateri lanjutan di acara ini. Ada yang belum tau sosok Kak Prita HW yang bergerak dalam bidang literasi, sosok yang dikenal sebagai  knowledgepereneur di lembaga yang didirikannya bersama suaminya bernama The Jannah Institute. 

Kak Prita HW, Founder The Jannah Institute

Menyatu lagi dengan pembahasan pedagang dan pebisnis tentunya sangat berkaitan dengan “berjualan”. Nah di era modern ini, berjualan sangatlah mudah, depan smartphone pun bisa menghasilkan lembaran kertas rupiah. Untuk lebih akuratnya, kakak aktivis ini berbagi ilmu tentang cara ampuh promosi soft selling di Blog dan Medsos. “Ingin jualan tanpa promosi tidak akan menghasilkan. Sebanyak-banyak promosi semakin banyak menghasilkan”, sangat asyik sekali tema yang satu ini dibahas. 

Yuk, belajar Promosi Soft Selling

Kata kak Prita, “Promosikan barang dagangan secara halus, membuat customer tidak sedang dijuali, ikat emosinya terlebih dahulu”. Coba yuk langsung praktekkan! Bismillah Bisa! Mempromosikannya bisa lewat Blog, Media Sosial (Facebook, Instagram, Twitter). Banyak dari teman-teman sudah terbiasa menggunakan Media Sosial dan pastinya hampir semua menggunakannya.

Bagaimana dengan Blog? Sudahkah teman-teman memilikinya dan aktif menjalankannya?

Pastinya ada yang sudah handal, masih proses belajar atau belum tau sama sekali. Apalagi buat teman-teman yang sudah memiliki bisnis yang besar, blog sangatlah bermanfaat banget. Karena, kata Kak Prita menjelaskan, “Blog Writting = Content Marketing, Blog adalah perpanjangan dari official websites yang biasanya memuat company profile beserta produk-produk unggulannya”. 

Kenapa ya harus ada blog? 

Karena blog akan meningkatkan interaksi antar pembaca (calon customer/customer) untuk mengenal perusahaan lebih jauh, blog berisi konten yang natural, bersifat informasi sehari-sehari dan berujung pada soft selling, karena orang akan terus mengingat siapa dibalik si pembuat konten blog.

Bagi kalian nih, yang masih menerawang dan belum jelas tentang cara pembuatan blog, bisa mengikuti kelas blog edisi selanjutnya bersama Kak Prita HW dan Kak Nana Warsita di The Jannah Institute. Saya salah satu muridnya lho! 


Belajar UMKM bersama Alfamart

Memiliki Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau disingkat dengan UMKM, ingin sukses masuk retail modern? 

Kak Vina, Manajer MD Alfamart Jember



Dapet ilmu lagi yang akan dibahas lagi tentang “Produk UMKM sukses masuk retail modern” dan Alfamart juga mengajak jaringan kerjasama  usaha koperasi. Beberapa agenda dipaparkan oleh Kak Vina sebagai Manajer MD Alfamart Jember, yaitu kriteria produk yang akan dijual sesuai sesuai dengan segmennya, ketersediaan tempat, potensi permintaan pasar, tren penjualan barang atau category barang tersebut, keterkaitan category barang (diusahakan tidak duplikasi), dukungan atas ketersediaan barang. Next agenda berkaitan dengan tema UMKM, tentang proses pengajuan produk baru, pendaftaran suplier baru, dan bussiness review.

Dari info ini, Alfamart membuka penerimaan produk baru untuk mengembangkan jaringan kerjasama usaha koperasi. Jika teman-teman tertarik  boleh mencobanya.

Kebersamaan kami selepas acara

Itu sebagian rentetan acara bersama Alfamart dan The Jannah Institute. Dari awal hingga akhir acara banyak ilmu yang didapatkan, tidak hanya ilmu yang kami dapat tapi juga oleh-oleh dari Alfamart berupa goodie bag berisi macam-macam jenisnya. Ini nih, isinya sempat saya foto berjejer ketika kepo dengan aplikasi Alfamind. 


Terima kasih banyak The Jannah Institute dan Alfamart. Semoga barokah terus dan selalu memberi manfaat untuk pemberdayaan masyarakat selanjutnya. Ditunggu event selanjutnya, semoga bisa diundang kembali.

 


 



 



 



 






8 komentar:

  1. baru perdana baca tulisan lengkap seorang Ita, uwuwu. Udah lengkap bgt isinya ta, editan fotonya juga lumayan hihi. Terus produktif ya Kakak :)

    BalasHapus
  2. Editan fotonya baguus qa 😁 jadi unik lucu gituu hihi

    BalasHapus
  3. Editan fotonya baguus qa 😁 jadi unik lucu gituu hihi

    BalasHapus
  4. nice Ta.. apa karena bertabur bunga bunga mau...

    fotinya lutu lutu.. ada foto kita berdua lagi romansya..ntik

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Gagal fokus sama header blognya. Bagus sekali taglinenya. MasyaAllah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, sama ines. Aq jugaa masyaAlloh..

      Btw salam kenal ita. Nive sharing

      Hapus